Education

3 pertanyaan strategi distribusi utama untuk UKM

Education

3 pertanyaan strategi distribusi utama untuk UKM


Pasar, atau lanskap ritel, seperti organisme hidup—ia terus tumbuh, berubah, dan bertransformasi. Memahami pasar atau kategori tempat Anda beroperasi dan tetap cukup gesit untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut sangat penting untuk kelangsungan hidup merek apa pun, kecil atau besar. Bagaimanapun juga, para ritel akan terus menjual produk yang laris manis dan menghapus yang tidak. Mereka sama sekali tidak peduli dengan merek apa yang ada di paket. Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan merek Anda tidak tertinggal?


Pertanyaan penting untuk diajukan

Ada tiga pertanyaan penting yang perlu terus dicek oleh UKM secara berkala untuk memposisikan merek Anda dengan sebaik-baiknya untuk kesuksesan ritel:

  • Apakah produk saya dioptimalkan dari perspektif distribusi untuk menjangkau porsi terbesar dari audiens target saya?
  • Apakah strategi distribusi saya memberikan ROI yang terbaik?
  • Apakah ada produk lain dalam kategori saya yang berisiko dihapus dari daftar dan memberikan kesempatan bagi saya?

Untuk membantu Anda lebih memahami pentingnya pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita definisikan beberapa istilah kata kunci.


Apa itu distribusi?  

Distribusi adalah perkiraan persen dari toko yang menjual suatu produk. Distribusi numerik ini memberi tahu kita seberapa luas ketersediaan suatu produk. Distribusi juga dapat dihitung untuk berbagai item, seperti merek tertentu. Dalam hal ini, distribusi memberi tahu kita perkiraan persentase toko yang menjual barang apa pun dari berbagai produk.

Catatan: Distribusi tidak boleh ditambahkan di seluruh pasar atau periode untuk menghindari penghitungan ganda, atau perbandingan yang tidak sesuai.


Apa itu distribusi berbobot?

Karena ukuran dan volume penjualan toko di pasar Anda penting, kami menimbang toko yang menjual produk berdasarkan total penjualannya. atau dalam kata lain, toko yang bernilai lebih adalah yang berhasil menjual lebih banyak produk. Hasil dari ini disebut distribusi berbobot All Commodity Value (ACV).

Toko juga ditimbang menurut penjualan kategori atau kelas produk Anda untuk menangkap pasar unik secara akurat, dan ini disebut distribusi berbobot Nilai Kelas Produk (PCV).


Menemukan peluang untuk produk Anda

Distribusi mencakup salah satu kunci P: Place. Di mana produk Anda membuat dorongan terakhir untuk membuat pelanggan potensial Anda menjadi pelanggan yang sebenarnya.

Anda tidak bisa berada di mana-mana, dan faktanya adalah, bahkan jika Anda bisa, belum tentu menguntungkan berada di mana-mana. Jadi, jika sumber daya terbatas, di mana Anda harus menempatkan produk Anda?  

Di situlah angka distribusi berbobot datang untuk membantu. hal ini memberikan gambaran kepada Anda toko mana yang memberikan kontribusi penjualan/keuntungan paling besar di tingkat kategori dan produk. Dari sana Anda memiliki beberapa tindakan yang mungkin Anda ambil:

  • Targetkan untuk berada di rak toko-toko teratas yang menjual dalam kategori Anda (jika Anda belum ada di sana)
  • Cari tahu toko mana yang memberi Anda bagian terkecil dari penjualan Anda dan pertimbangkan untuk mengarahkan kembali produk ke tempat lain
  • Bandingkan pangsa pasar versus pesaing Anda dalam kaitannya dengan toko-toko teratas dan cari tahu di mana Anda berdiri di pasar

Pahami apa yang terjadi dengan produk pesaing 

Saat melihat data tertentu, Anda dapat melihat kapan penghapusan daftar produk sedang berlangsung. Pada dasarnya, ketika melihat data tingkat item, Anda dapat menentukan produk mana yang didistribusikan dalam lintasan ke bawah dengan toko-toko tertentu.

Informasi ini dapat memiliki beberapa alasan di baliknya, dan salah satunya adalah kemungkinan de-listing produk tersebut. Artinya ada peluang untuk lebih banyak ruang rak untuk produk Anda; waktu utama untuk sesi peninjauan kategori dengan ritel tersebut.

  

Penuhi pertumbuhan Anda  

Hubungi tim UKM khusus kami untuk melihat bagaimana bisnis Anda dapat mengakses data pasar, kategori, dan saluran.