Analysis

Apakah harga UKM Anda tepat? 

Analysis

Apakah harga UKM Anda tepat? 


Konsumen menjadi semakin berhati-hati dengan pengeluaran mereka dalam menghadapi kenaikan inflasi, dan terlepas dari harga hanya 14% yang melaporkan menjadi setia terhadap brand terlepas dari harga.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana brand kecil dan menengah (UKM) dapat memberi harga pada produk mereka untuk menutupi biaya dan menghasilkan keuntungan, dan tetap mempertahankan permintaan dan persepsi konsumen yang positif tentang kualitas produk.

 


Pahami elastisitas harga produk Anda

Elastisitas harga adalah ukuran seberapa besar perubahan harga akan memengaruhi permintaan produk atau layanan Anda. Pertanyaan kunci untuk dijawab adalah: 

  • Pada harga berapa konsumen akan mulai berpikir produk Anda terlalu mahal untuk dipertimbangkan untuk dibeli? 
  • Pada harga berapa mereka akan mulai berpikir produk Anda sangat murah sehingga mereka akan mempertanyakan kualitas dan tidak mempertimbangkannya?
  • Pada harga berapa mereka akan mulai berpikir produk Anda semakin mahal, tetapi Anda masih mungkin mempertimbangkannya?
  • Pada harga berapa mereka akan berpikir produk Anda murah — pilihan yang bagus dan terjangkau?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang konsumen UKM.


Lihatlah kinerja produk Anda dan seterusnya 

Berikut adalah faktor strategis lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika tiba waktunya untuk rapat strategi harga:  

  • Saat meninjau kinerja produk Anda selama periode waktu tertentu, apakah harga saat ini berkontribusi positif atau negatif terhadap penjualan Anda?
  • Apakah harga rata-rata Anda konsisten dengan persepsi Anda tentang nilai?
  • Peluang apa yang dapat Anda tawarkan dalam hal harga berjenjang untuk menarik pembeli yang berbeda?
  • Pesaing mana yang dapat dibeli konsumen Anda jika mereka tidak yakin dengan titik harga Anda? Bagaimana harga pesaing Anda dibandingkan dengan harga Anda sendiri? 

Sumber: Cara menskalakan pertumbuhan UKM

Panduan strategi merek UKM menawarkan kerangka kerja yang dapat digunakan merek yang lebih kecil untuk meningkatkan pertumbuhan dan menang dengan konsumen.

Tetap di atas berita SMB

Berlangganan buletin kami untuk wawasan terbaru dan tren industri untuk usaha kecil dan menengah.


Tentukan strategi Anda 

Memutuskan strategi mana yang tepat untuk merek Anda adalah salah satu tantangan terbesar bagi usaha kecil dan menengah dalam hal harga.

Faktanya adalah bahwa tidak ada strategi penetapan harga tunggal yang akan menghasilkan keuntungan dalam semua situasi. Situasi dapat bervariasi dari “musim pemberian hadiah” hingga resesi yang akan datang. Menjadi menguntungkan membutuhkan banyak strategi untuk setiap produk, ukuran produk, ukuran kemasan, elastisitas, harga pesaing, dan banyak lagi.

Berikut adalah 5 strategi penetapan harga CPG yang paling umum dan beberapa pro dan kontra dari masing-masing:

Harga berbasis biaya: Pendekatan ini mempertimbangkan seluruh paket harga, di mana Anda menghitung biaya produksi Anda untuk suatu produk dan kemudian menambahkan markup yang telah ditentukan sebelumnya untuk harga penjualan.

  • Pro: Ini memungkinkan Anda menutup biaya dan memastikan keuntungan untuk setiap produk yang Anda jual.  
  • Kontra: Strategi ini tidak memperhitungkan persaingan atau tren permintaan konsumen. Ini berarti Anda mungkin mengalami kesulitan mengikuti pergeseran di pasar. Ini juga mengharuskan Anda untuk mempertahankan biaya produksi yang stabil karena kenaikan akan memakan harga jual Anda atau memaksa Anda untuk menaikkan harga dan berisiko mengecewakan pelanggan.

Harga kompetitif:  Model populer lainnya, harga kompetitif persis seperti kedengarannya. Anda melihat pesaing terbesar Anda, melihat harga mereka, dan mencoba untuk mencocokkan atau melemahkan mereka.

  • Pro: Model ini bekerja dengan baik untuk industri dengan variasi yang lebih sedikit antara biaya dan kualitas produk.
  • Kontra: Jika biaya overhead Anda lebih tinggi daripada pesaing, Anda akan segera memakan keuntungan Anda dan berisiko mengalahkan diri sendiri dengan model ini. 

Harga penetrasi:  Jika Anda berada di pasar yang sangat kompetitif, ini adalah model yang bagus untuk digunakan. Harga penetrasi melibatkan peluncuran produk dengan harga rendah untuk memicu minat dan kemudian menaikkan harga setelah Anda membangun permintaan.  

  • Pro: Banyak raksasa saat ini memenangkan pasar dengan menggunakan strategi ini
  • Kontra: Model ini mengharuskan Anda memiliki modal untuk mempertahankan margin yang lebih kecil sementara bunga meningkat dan kemampuan untuk membangun loyalitas yang cukup sehingga konsumen akan tetap tinggal setelah Anda menaikkan harga. 

Harga berbasis nilai: Kadang-kadang disebut harga berbasis permintaan, model ini melibatkan penggunaan penelitian tentang permintaan konsumen untuk menetapkan harga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nilai dalam model berasal dari mengetahui apa yang bersedia dibayar konsumen dan bertemu mereka dengan harga ini. 

  • Pro: Jika harga ini memberi Anda keuntungan yang layak, itu bisa sangat menguntungkan.
  • Kontra: Strategi ini memang membutuhkan alat analisis data ritel yang baik yang memberikan wawasan tentang tren permintaan, perilaku konsumen, dan pergeseran di pasar. Ini dapat dengan mudah dilawan dengan mitra data yang tepat di sisi Anda.

Skimming harga: Duduk di sisi lain dari spektrum harga penetrasi, skimming harga melibatkan peluncuran produk dengan harga tinggi dan kemudian menaikkannya begitu persaingan memasuki pasar.

  • Pro: Ini umumnya disediakan untuk produk yang membangun pasar baru atau di mana persaingan saat ini terlalu lemah dalam kualitas atau permintaan untuk menjadi ancaman.  
  • Kontra: Ini bisa menjadi model yang berisiko jika konsumen melihat produk Anda terlalu mahal atau jika pesaing dapat melemahkan Anda dan mendapatkan pangsa pasar. 

Setiap strategi memiliki pro dan kontra sendiri, jadi penting untuk bereksperimen dan memilih salah satu yang cocok untuk bisnis Anda.  


Apa yang harus diwaspadai ketika datang ke strategi penetapan harga Anda

  • Lihat kompetisi: Memperhatikan model penetapan harga pesaing Anda dan tingkat keberhasilannya dapat membantu Anda lebih memahami tren pasar dan konsumen. Meskipun beberapa konsumen mengklaim brand loyalty, resesi sedang bermain dan sentimen bisa berubah.
  • Hindari perang harga:  Sangat berharga untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing, tetapi waspadalah terhadap persaingan berbasis harga. Ini biasanya menyebabkan kedua merek meremehkan diri mereka sendiri, kehilangan keuntungan, dan mungkin mengurangi persepsi nilai brand. Sebaliknya, gunakan pesaing sebagai tolok ukur dan berusaha membedakan penawaran Anda dan memaksimalkan penjualan.