Analysis

Pertolongan inflasi: Bagaimana UKM dapat memberikan nilai tambah

Analysis

Pertolongan inflasi: Bagaimana UKM dapat memberikan nilai tambah


Data NielsenIQ menunjukkan bahwa di sebagian besar negara di seluruh dunia, perusahaan kecil dan menengah (UKM) diposisikan secara unik untuk menang di dalam keadaan inflasi sekarang.


Inflasi menyatukan beberapa preferensi konsumen

Dengan margin yang begitu sempit, usaha kecil dan menengah (UKM) tidak bisa membuang-buang sumber daya untuk mencoba menarik konsumen inti. Kabar baiknya bagi brand adalah bahwa konsumen menghemat biaya dengan cara yang sama. 

Tekanan harga yang sedang berlangsung yang dirasakan oleh konsumen memiliki efek pemersatu pada cara mereka menabung, walaupun mereka konsumen agnostik terhadap brand atau pembeli tipe eksklusif.  

Menurut survei NielsenIQ terhadap konsumen, strategi penghematan global teratas meliputi:

  • 25% memantau keseluruhan biaya keranjang belanja mereka
  • 25% berbelanja online untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik 
  • 21% membeli apa pun yang ada promosi 

Catatan untuk UKM: ada strategi penghematan unik antara mereka yang mengatakan mereka membeli brand kecil atau besar secara eksklusif.

Pembeli brand besar eksklusif lebih cenderung memilih berbelanja online untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik (32%) dan membeli ukuran produk pilihan mereka yang lebih besar/ekonomis (27%). Secara komparatif, pembeli brand kecil eksklusif lebih cenderung memilih brand label/toko pribadi (17%) dan membeli dalam ukuran paket yang lebih kecil untuk menghemat uang (15%).


three diverse women discussing business around a laptop

Memberikan nilai tambah

Tekanan inflasi mengubah bagaimana brand dapat membenarkan nilai mereka dan tetap selaras dengan nilai-nilai inti yang dicari oleh konsumen. Kabar baik bagi UKM adalah bahwa meskipun sebagian besar brand dirasa “asing” dalam hal ketenaran, konsumen sedang mempertimbangkan berbagai brand yang lebih luas ketika memutuskan apa yang akan dibeli. 

Klik area di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana UKM dapat memberikan nilai di wilayah tertentu.


Apa yang dimaksud dengan ‘alasan fungsional’?

Ketika ditanya tentang apa yang membuat brand layak secara fungsional, tanggapan umum mencakup banyak hal mulai dari kualitas hingga didukung oleh sertifikasi. 

Banyak konsumen di seluruh dunia jelas fokus pada keterjangkauan dalam iklim inflasi yang tinggi ini. Di Brasil, 95% responden mengatakan bahwa semua brand, baik besar maupun kecil, lebih mungkin dipertimbangkan untuk dibeli jika terbukti “value for money.” Hal yang sama terbukti menjadi prioritas tinggi bagi responden di Meksiko (96%), Afrika Selatan (97%), Australia (95%), Indonesia (97%), China (92%), Korea Selatan (89%), dan India (92%). 

Tetapi keterjangkauan saja belum tentu menjadi perhatian utama bagi semua konsumen

Di beberapa negara, kualitas brand dibandingkan dengan pesaing, bersama dengan memenuhi kebutuhan diet atau kesehatan tertentu adalah perhatian prioritas. Hal ini berlaku di Arab Saudi (88%), UEA (90%), China (94%), dan Korea Selatan (90%). Demikian pula, konsumen di Brasil fokus pada produk yang memenuhi kebutuhan diet atau kesehatan tertentu (94%).

Konsumen Mesir sangat menghargai kebutuhan brand untuk secara teratur mengubah dan meningkatkan produknya (91%), sementara di India layanan pelanggan adalah faktor terpenting (93%).  

Kita dapat berasumsi bahwa sentimen ini diarahkan pada brand yang lebih besar, karena mereka dapat membanggakan efisiensi biaya yang lebih baik dalam manufaktur dan distribusi. Faktanya adalah, bagaimanapun, 56% responden di Brasil dan 61% di Meksiko tidak mengaitkan kemampuan brand untuk memenuhi janji value dengan ukuran brand.  

Ketersediaan juga menjadi perhatian besar bagi konsumen di seluruh dunia. Lebih khusus lagi, konsumen membutuhkan kenyamanan dengan brand yang selalu tersedia di toko tempat mereka berbelanja. Di Afrika Selatan, 96% konsumen menyoroti kebutuhan ini, sentimen yang dimiliki oleh konsumen di Arab Saudi (86%) dan Australia (90%). Ini juga sangat penting di Inggris, Polandia, dan Spanyol.  

Sebagai brand yang lebih kecil, Anda dapa mengamankan keinginan konsumen untuk berbelanja saat inflasi dengan memenuhi alasan pembelian fungsional terlebih dahulu.

Penuhi pertumbuhan Anda

Hubungi tim usaha kecil dan menengah kami untuk melihat bagaimana bisnis Anda dapat mengakses data pasar, kategori, dan channel